Beberapa tips mudik aman dan nyaman

Beberapa tips mudik aman dan nyaman


Pembuka

Halo semoga pembaca blog ini dalam keadaan sehat selalu. 
Tak terasa lebaran sebentar lagi, pasti banyak banget nih yang ingin mudik ke kampung halaman. Apalagi buat para perantau, pasti udah kangen banget sama saudara dikampung hehe. Mudik merupakan kegiatan pulang kampung yang banyak dilakukan setiap menjelanh lebaran seperti ini. 
Jika ingin mudik, kita pasti ingin sampai kampung dengan selamat dan nyaman di perjalanan menuju kampung halaman. Ada yang mudik menggunakan kendaraan pribadi dan ada juga yang mudik menggunakan transportasi umum. 

Isi

Kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar kita mudik dengan selamat, aman dan nyaman dalam perjalanan sampai dengan kampung halaman:

1. Cek kendaraan pribadi (bila menggunakan kendaraan pribadi) 

Yang pertama adalah cek kelayakan kendaraam pribadi kita bila kita ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan rem, dan kondisi kendaraan pribadi kita dalam keadaan fit dan tidak bermasalah. Dan bawa kunci busi dan kunci yang lainnya saat mudik, karena untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. 

2. Pesan tiket transportasi umum yang ingin kita gunakan

Nahh ini sering sekali kita kurang perhatikan sebagai pemudik yang menggunakan transportasi umum, sering kehabisan tiket karena mesan tiket nya terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Usahakan pesan tiket dari jauh-jauh hari ya guys. Ada banyak opsi transportasi umum yang bisa kita gunakan yaitu bus, kereta pesawat, kapal laut dan lain-lain.

3. Pastikan tidak ada kontak listrik saat meninggalkan rumah

Ini juga tak kalah pentingnya. Saat kita ingin berangkat mudik, pastikan tidak ada kontak listrik dirumah kita. Nyalakan saja lampu diluar rumah untuk penerangan. Kebanyakan pemudik lupa akan hal ini yang banyak mengakibatkan kebakaran rumah saat rumah ditinggalkan akibat ada kontak listrik di rumah kita seperti colokan tv masih nyambung dengan listrik dan lain-lain. 

4. Titip rumah kepada tetangga tapi jangan ngasih kunci rumah kita

Selanjutnya adalah titip rumah dengan tetangga kita untuk sekedar di liat-liat takut ada maling saat kita tinggalkan. Jika kita tidak yakin jangan titip kunci dengan tetangga kita tersebut. Tapi sebaliknya jika merasa yakin boleh dititip kuncinya dengan tetangga kita. Saat berangkat mudik pastikan kita sudah mengunci dan menutup rapat-rapat rumah kita dari jendela hingga pintu rumah untuk mencegah para maling beraksi wkwk. 

5. Santai aja yang penting selamat

Terutama bila kita mudik menggunakan transportasi pribadi, kita harus mengendarai nya secara santai dan jangan ngebut-ngebut karena dapat membahayakan nyawa kita. Santai saja yang penting sampai dikampung halaman dengan selamat. 

6. List barang yang ingin dibawa dan jangan sampai tertinggal

Sebelum berangkat ada baiknya kita buat list barang yang ingin dibawa dan kemudian dipersiapkan, saat sudah mau berangkat di cek lagi biar tidak ada yang ketinggalan. Terutama duit jangan lupa dibawa hahaha. 

7. Jangan lupa bawa oleh-oleh buat saudara

Nih buat perantau nih terutama wkwk. Jangan lupa bawa oleh-oleh seperti baju dan apa saja untuk saudara kita dikampung halaman, duit juga bisa si hehe. 

8. Selalu patuhi rambu lalu lintas

Untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, kita harus selalu mematuhi rambu lalu lintas seperti lampu merah dan lain-lain. 

Penutup

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Semoga para pemudik yang ingin mudik ke kampung halaman bisa sampai dengan selamat sampai tujuan aminn

Comments

Popular posts from this blog

Tips dan Cara Agar Cowok Kita Tidak Gampang Tergoda Perempuan Lain

Cara memperbaiki stik PS/pes yang rusak

Penyebab dan cara mengobati sariawan