Beberapa Manfaat Dari Puasa

Beberapa manfaat apabila kita berpuasa di bulan ramadhan


Pembuka

Salam sejahtera bagi kita semua. 
Pada bulan ramadhan, puasa merupakan kewajiban yang wajib dikerjakan bagi seluruh umat islam yang tidak mempunyai halangan ber-arti. Dengan berpuasa nya kita, berarti kita telah menjalankan kewajiban kita sebagai umat islam dan akan mendapatkan pahala yang berlimpah. 

Orang yang diperbolehkan tidak puasa

Ada beberapa macam orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, antara lain: 

1. Musafir

Musafir adalah orang yang berpergian jauh sedang menempuh perjalanan yang jauh. Tapi tentu puasa yang ditinggalkan harus dibayar di hari yang lain setelah bulan ramadhan. 

2. Orang lanjut usia (tua) 

Orang yang sudah tua diperbolehkan tidak berpuasa apabila dia memang sudah tidak kuat lagi bila melakukan puasa karena umur yang sudah banyak. 

3. Orang yang terkena penyakit berat

Orang yang sakit diperbolehkan tidak berpuasa apabila dia sedang sakit dan dia mengerjakan puasa dan akan memperparah penyakit nya itu. Tapi wajib diganti puasanya diwaktu lain.
Baca juga: 11 kebiasaan hidup sehat

4. Wanita yang menyusui dan hamil

Wanita yang sedang menyusui dan hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa karena dia harus memberikan asi dan asupan kepada bayi didalam perutnya atau pun bayi yang telah lahir yang sedang membutuhkan asi dari ibunya. 

Beberapa manfaat apabila kita berpuasa

Nah lanjut ke inti pokok pembahasan, kali ini saya akan membagikan beberapa manfaat apabila kita melakukan puasa, antara lain:

1. Menumbuhkan rasa ingin berbagi kepada orang yang tidak mampu

Dengan melakukan puasa kita jadi merasakan keadaan haus dan lapar yang dirasakan oleh orang-orang tidak mampu juga, tentu hal ini akan menumbuhkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi kepada orang yang membutuhkan. 

2. Ladang mencari pahala dan bekal untuk akhirat

Dengan berpuasa dan menjalankan ibadah-ibadah lain seperti baca quran, sholat tahajud, beramal akan menambah pahala kita dan bekal kita untuk diakhirat kelak nanti. 

3. Menyehatkan tubuh kita

Menurut para pakar dan ahli kesehatan, dengan berpuasa akan memberikan dampak kesehatan bagi tubuh kita. Seperti gula darah normal dan men-istirahatkan organ-organ tubuh kita dari kerja di 11 bulan sebelum bulan ramadhan dan tubuh kita akan sehat.
Baca juga : Manfaat dan keberkahan jika menolong orang tua

4. Melatih menahan hawa nafsu

Dengan berpuasa kita akan menjadi manusia yang bisa menahan hawa nafsu, kita bisa melatih hawa nafsu kita seperti tidak emosian dan lain-lain.

Penutup

Demikian artikel ini dibuat. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman kita yang lain. 

Comments

Popular posts from this blog

Tips dan Cara Agar Cowok Kita Tidak Gampang Tergoda Perempuan Lain

Cara memperbaiki stik PS/pes yang rusak

Penyebab dan cara mengobati sariawan