Penyebab dan cara mengobati sariawan

Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan


Sariawan merupakan suatu penyakit yang sangat mengganggu dan terkadang membuat kita menjadi tidak konsentrasi dalam menjalankan segala aktifitas. Sariawan merupakan peradangan yang dapat menyerang lidah, pipi bagian dalam, gusi rongga atas mulut, atau bagian dalam mulut. 

Penyebab sariawan bisa terjadi

1. Sakit gigi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang menyerang gigi. Pada daerah gigi yang sakit biasanya terdapat kuman atau bakteri dalam gigi tersebut, tentu kuman dan bakteri yang ada di gigi tersebut dapat berpindah ke daerah rongga dalam mulut yang lain dan memicu terjadinya sariawan.
Baca juga: Cara Ampuh memyembuhkan penyakit gigi

2. Tergigit

Pemicu sariawan yang lainnya adalah luka yang ditimbulkan akibat tergigitnya bagian dalam mulut yang mengakibatkan sariawan dapat terjadi. 

3. Merokok

Kebiasaan merokok adalah sesuatu hal yang memancing atau dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Dalam rokok ada banyak kandungan-kandungan seperti nikotin dan lain-lain yang dapat menghasilkan kuman atau bakteri yang dapat menyerang rongga mulut, salah satunya adalah menimbulkan penyakit sariawan, sakit gigi, gigi menjadi kuning. 

4. Kebersihan dalam mulut tidak terawat

Nah ini pemicu utamanya. Pemicu utama dari sariawan adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga, mulut yang banyak bakteri atau kuman nya lebih rentan terkena sariawan atau sakit gigi. 

Setelah kita lihat pemicu timbul nya penyakit sariawan, tentu kita dapat lebih memperhatikan kebersihan mulut kita dan menghindari berbagai hal yang dapat memicu timbulnya penyakit sariawan ini. 
Berikut saya akan membagikan tips atau cara menyembuhkan penyakit sariawan ini:

1. Mengkonsumsi vitamin C dan vitamin B12

Mengkonsumsi vitamin, pasti anda tau vitamin dapat dengan mudah kita dapatkan pada zaman sekarang. Misalkan dari berbagai macam buah dan sayuran.

2. Meminum obat kumur

Saat kita terjangkit penyakit sariawan, kita bisa meminum obat kumur yang mengandung antiseptik/antibiotik, anti kortikosteroid untuk mempercepat proses penyembuhan pada sariawan kita.

3. Menggunakan es batu

Pada saat sariawan bisa juga menggunakan es batu yang dibungkus kain, bila susah kita tinggal memasukan es batu tersebut ke mulut kita. Tentu es batu yang kecil, masukan es batu tersebut sampai es batu tersebut mencair dimulut kita. Rasa sejuk dari es batu ini dapat menghilangkan rasa nyeri pada mulut kita akibat sariawan.

4. Berkumur dengan garam

Cara yang lainnya untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan cara berkumur dengan air garam. Air garam diyakini mengandung anti bakteri dan anti radang.

Setelah mengetahui obat untuk menyembuhkan sariawan, kita tinggal mengaplikasikan obat tersebut agar sariawan kita sembuh. Setelah sembuh kita wajib menjaga kesehatan mulut kita dengan cara:
1. Rajin-rajin menggosok gigi.
2. Gunakan carian antibakteri.
3. Pilihlah makan yang sehat.
4. Jaga kesehatan mulut yang baik.

Pada kesimpulannya adalah jika tubuh kita sehat, kita akan bisa menjalankan aktifitas keseharian kita dengan baik. Mempunya tubuh sehat merupakan keinginan dari semua mahluk hidup. 
Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa. 

Comments

Popular posts from this blog

Tips dan Cara Agar Cowok Kita Tidak Gampang Tergoda Perempuan Lain

Cara memperbaiki stik PS/pes yang rusak