Cara Mendapatkan IP tinggi

Cara Mendapatkan IP tinggi

Bioenergicenter.com

        

Hey sobat ini adalah postingan pertama saya di blog ini. Buat kamu yang lagi baru menjajaki atau duduk di dunia perkuliahan, pasti bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan nilai IPS/IP tinggi?
Caranya sangat mudah ko  hehehe... rajin beramal sholeh ajaa.... hehe
serius..seriuss...
IP sendiri merupakan singkatan dari Indeks Prestasi, yaitu nilai anda per semester disebut dengan IP. IP memiliki jumlah nilai dari 0,01-4,00. Cumlaude itu setau saya diatas 3,51
Nih ane bagikan pengalaman ane untuk mendapatkan IP ya bisa dibilang lumayan tinggi lahh, ane sendiri baru semester 3 di salah satu perguruan tinggi swasta di tanggerang selatan, sebenernya cara untuk mendapatkan IP tinggi itu tidak terlalu sulit, syarat utamanya adalah jangan malas hehe
Berdasarkan pengalaman pribadi ane, nih ane bagikan cara-cara mendapatkan IP tinggi :

1. Selalu mendekatkan diri kepada ALLAH swt

Ya benar sekali, ini merupakan faktor utama untuk mendapatkan IP TINGGI dan cara untuk mendapatkan sebuah kesuksesan didunia dan diakhirat, rajin-rajin lah berdoa kepada sang maha pencipta, sehingga akan mempermudah segala urusan kita.

2. Jadi ketua kelas

Kenapa harus jadi ketua kelas? karena kita akan lebih dekat dengan dosen dibandingkan dengan mahasiswa pada umumnya, ya bisa lah minta tugas tambahan untuk nge up nilai kita hehehe . kalau dosen ngasih tugas atau materi pasti ketua kelas yang tau duluan, ketua kelas gak akan pernah ketinggalan informasi deh hehe

3. Hindari yang namanya KUPU-KUPU

Apa tuh kupu-kupu? KULIAH PULANG...KULIAH PULANG... helowww? datar banget hidup cuman kuliah pulang kuliah pulang... haha masih banyak ilmu di kampus selain perkuliahan, ikut lah organisasi-organisasi kampus seperti HIMA,SAINS CLUB dll. karena akan banyak ilmu yang bisa kita dapetin loh guyss, gak percaya ? dicoba ajaa hehe
Manfaat ikut organisasi kampus

4. Rajin-rajinlah maju saat dosen memberi kuisioner atau pertanyaan

Nah ini juga penting nih, di keseharian perkuliahan kita akan selalu diberi soal setelah diberi nya suatu materi perkuliahan, nah itu kesempatan kita buat nambahin nilai + buat mem back up nilai UTS/UAS kitaaa....

5. Usahakan se maksimal mungkin saat  mengerjakan UTS/UAS

Nah ini yang sangat penting, tingkatkan lah intensitas belajar kalian saat mendekati ujian. karena UTS/UAS sangat mempengaruhi nilai akhir kalian guys.. 30%-40% nilai akhir diambil dari nilai UTS/UAS ...sisanya dari absen, nilai tugas dan lain lain..

6. Rajin-rajin belajar

Rajin-rajin lah belajar, sehabis pulang kuliah sebaiknya kita buka lagi catatan tentang pelajaran yang tadi kita dapat dikelas. Fungsi dari dipelajari ulang lagi adalah agar pelajaran yang tadi dikelas biar benar-benar kita pahami.

7. Minta tugas tambahan

Sedikit aneh bukan? Nah untuk memperoleh nilai yang maksimal bisa kita coba cara ini. Fungsi dari minta tugas tambahan adalah untuk mendapat nilai tambahan untuk menutupi atau menambahkan nilai kita. Dengan mengerjakan tugas tambahan kita juga makin mengerti pelajaran tersebut.

8. Mengumpulkan tugas tepat waktu

Nah setiap mata kuliah pasti akan ada tugas masing-masing sesuai dengan mata kuliah yang di tempuh. Jika dosen memberi tugas misalnya dengan deadline 2 minggu, usahakan 1 minggu sudah selesai karena anda akan mendapatkan nilai tambah dari terkumpulnya tugas ini dengan cepat dan apalagi udah cepat dan jawaban dari tugas anda benar, pasti deh akan dapat nilai yang lebih memuaskan.

9. Duduk paling depan

Nah ini sebagian mahasiswa pasti takut banget kalo duduk didepan. Apalagi kalo dosennya killer. Takut ditanyain ini itu sama dosennya. Padahal dengan beraninya kita duduk di depan, kita akan terbiasa menjadi mahasiswa yang super berfikir dan peluang mengerti akan materi yang dijelaskan akan besar dibandingkan dengan mahasiswa yang sukanya duduk di paling belakang dan pojokan. Dan tips bila kita duduk didepan, dan dikasih suatu pertanyaan sama dosen. Sementara kita belum mengerti, tipsnya adalah kita nyengir-nyengir ajaa haha dosennya juga ngertiin hihi.
Selain itu jika kita duduku di depan, akan membuat kita mendapat nilai plus dari dosen. Karena disitu kita terlihat mempunyai usaha untuk mengerti materi kuliah dia.

10. Selalu bersikap Optimis

Jangan pernah pesimis bila nilai di semester awal kamu tidak diatas 3,00. Langkah yang harus kamu ambil adalah terus belajar dan mencoba memperbaiki nilai kamu disemester selanjutnya. Meskipun nilai kamu kecil awal semester tapi peluang untuk mendapatkan nilai keseluruhan semester atau disingkat IPK, kamu masih mendapatkan nilai IPK besar bila di semester selanjutnya kamu mendapatkan nilai yang baik. Syukur-syukur dapat 4.00 hehe.
Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca.. semangat ya buat masa depan yang lebih baik .. jangan remed-remed an kuliahnya guys.
Kuliah tepat waktu dan cumlaude adalah impian buat kita semua. Semoga sukses selalu buat kalian yang sudah baca artikel blog ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Tips dan Cara Agar Cowok Kita Tidak Gampang Tergoda Perempuan Lain

Cara memperbaiki stik PS/pes yang rusak

Penyebab dan cara mengobati sariawan